Pages

Selasa, 15 Januari 2013

Kesederhanaan : Budaya Indonesia

"Kesederhanaan bukan menurunkan nilai yang ada dalam diri namun akan meningkatkan nilai diri."
~(adli)~

Sebagai bangsa yang penuh penghayatan budaya dan nilai tradisi disetiap unsur kehidupannya. Bangsa Indonesia memiliki corak cirik khas yang begitu mempesona dari keragaman budaya, nilai toleransi dan nilai kesederhanaan.

Begitu damai nan indah, pesona yang diwariskan para nenek moyang kita seakan tak habis-habisnya memancarkan keindahaan. 

Nilai kesederhanaan merupakan salah satu warisan nenek moyang yang memberikan efek energi positif disetiap elemen dalam permasalahan sosial masyarakat. Dimana nilai itu diharapkan memberikan solusi atas keberagaman dan perbedaan didalam kehidupan ini. karena selalu mengutamakan sikap substansi dari pada bentuk formalitas atau pencitraan semata.   

Kesederhanaan memiliki berbagai bentuk dari penampilan, berbicara, maupun pola berpikir seseorang. 

Penampilan merupakan cerminan luar kita. dizaman saya dulu anak-anak kecil, remaja dan orang tua   lebih memilih berpakaian yang sederhana dan menutupi aurot tubuhnya karena agama Islam sendiri sudah mengatur itu dan dari pribadi masing-masing merasa risih jika aurotnya tampak. 
penampilan yang sederahana tanpa memilih model yang aneh-aneh itu sehingga nampaklah keanggunan yang selalu memancar dalam berpenampilan dan berpakaian.

Namun belakangan ini tidak terjadi demikian, banyak orang yang memamerkan pakaiannya yang kecil, yang ketat sebagai bagian seni atau modernitas, banyak yang berlomba-lomba memamerkan tubuhnya dan anehnya orang yang menutup tubuhnya dengan pakaian yang baik dianggap kuno dan tidak mengikuti zaman.

Saya teringat dengan artikel yang saya baca dulu tentang "kekhawatiran para yahudi tentang prediksi kebangkitan Indonesia pada tahun 2025". Mereka khawatir bangsa kita bisa menjadi bangsa yang maju sehingga mereka punya strategi untuk mencegah itu terjadi. sehingga semua sudah terlihat anak muda sekarang banyak yang berpikir konsumtif dengan barang-barang orang barat maupun budaya orang barat yang kalau ditelusuri hanya ingin menghancurkan bangsa Indonesia lewat kebiasaan para generasi mudanya.

Refleksi budaya Indonesia
Sebenarnya klo kita mau jujur dan kembali lihat budaya Indonesia. kita memiliki budaya yang penuh yang luar biasa baik dalam berpenampilan, berprilaku, dan berpola pikir.
Jika kita lihat diatlas begitu beragam kekayaan pakaian beragam yang penuh nilai filosofi kehidupan dan mengajarkan kita untuk hidup sederhana. nilai-nilai yang diajarkan behitu dalam tentang toleransi, gotong royong, saling menghargai, sifat sopan santunnya dan masih banyak yang lain. Hal ini, tercermin ketika ada salah satu acara maupun saat membangun rumah disatu rumah maka para tetangganya berduyun-duyun untuk membantu dengan sukarela tanpa minta imbalan. Begitu indah suasana sukacita tidak mengenal perbedaan keyakinan, budaya maupun yang lain Sehingga tidak ada kerusuhan, pertengkaran, tawuran antar sesama anak bangsa. apalagi saling menyalahkan antar pemimpin, su'udzon dimana semua itu tidak mencerminkan budaya  Indonesia yang sederhana dalam berpikir. maka tidak heran Indonesia tidak bisa keluar dari banyak masalah karena enggan kembali menjadi pribadi yang Indonesia dan yang sudah dianggap kuno.
Padahal dengan menjadi diri sendiri dan kembali menjadi bangsa Indonesia yang utuh adalah kunci utama untuk memperbaiki Indonesia ditingkat rakyat maupun pemerintah.

0 komentar:

Posting Komentar