Pages

Kamis, 16 Agustus 2012

Bekerja Tak Sesuai Kuliah


Menurut pemerintah, sampai tahun lalu terdaftar sekitar 4,12 juta pencari kerja sedangkan lowongan kerja yang tersedia 2,38 juta orang, tetapi yang terisi hanya sekitar 1,62 juta orang, atau 70% dari angka total.
Hal ini dikarenakan mindset yang terbentuk para pelajar atau mahasiswa saat ini setelah saya melakukan survei adalah “Dengan Kuliah Saya Bisa Bekerja”. Tetapi tidak pernah berpikir bahwasanya “Dengan Kuliah saya bisa membangun lapangan pekerjaan” sehingga banyak pengangguran atau bekerja tidak sesuai kuliah.
Ok mari kita renungi makna dan satukan persepsi apa itu “kuliah”; menurut saya kuliah adalah suatu metode untuk membangun kedewasaan mental untuk memecahkan permasalah yang kompleks dimasyarkat dengan keilmuan yang kita peroleh saat kuliah.

Jadi disini ada kata kunci yang kita harus tau dan lakukan saat kuliah. Dengan Kuliah Belajar:
1.      1. membangun kedewasaan mental
2.      2. memecahkan permasalahan
3.      3. Berguna untuk masyarakat
4.      4. Mendalami keilmuan untuk mengiringi ketiga point yang ada diatas.
Sekarang solusinya adalah merubah mindset atau pola pikir mahasiswa bahwasanya kuliah bukan untuk mencari kerja tapi kuliah untuk siap membangun lapangan pekerjaan dan siap sebagai solusi untuk memecahkan masalah bagi masyarakat bukan menambah masalah bagi masyarakat.
Jadi IDEALISME MAHASISWA adalah siapkan diri untuk menjadi pribadi yang membangun angin perubahan dan berkorban  untuk masyarakat.

cah angon

0 komentar:

Posting Komentar